Sabtu, 14 Januari 2012

SOLUSI TEPAT MEMILIH NOVEL YANG BAIK






Apa Anda salah satu penyuka novel ?

Jika iya, Anda dan saya memiliki hobi yang sama. Saya juga seorang pecinta novel. Bahkan saya rela menghabiskan uang jajan saya demi novel yang saya inginkan. Saya kadang rela menghabiskan waktu saya sekitar 3-6 jam hanya untuk membaca novel kesayangan saya.

Tetapi, apakah terkadang Anda sering merasa kecewa dengan isi novel yang Anda beli ? Ending yang kurang bagus, isi yang tidak menarik, pemeran yang kurang mencuri perhatian Anda, atau hal-hal negatif lainnya yang Anda tidak sukai dari novel yang Anda?

Nampaknya itu memang menjadi masalah bagi kita para pecinta novel. Awalnya kita yakin membeli novel itu karena kita menganggap itu sangat menarik. KIta juga telah merelakan banyak uang untuk membeli novel tersebut. Namun, seteelah membaca keseluruhan atau hanay beberapa bab atau beberapa halaman, ternyata isi sangat tidak menarik bagi kita. Pastinya kita kecewa bukan.

Saya sering sekali mengalami masalah ini. Bahkan sudah berkali-kali saya membeli novel dan merelakan uang saya yang cukup banyak untuk novel itu. Tapi ternyata, novel itu tidak memberikan kepuasaan bagi saya. Oleh karena itu, saya terinspirasi untuk mencari cara agar kita tidak salah dalam membeli nilai.

Berikut adalah hal-hal yang saya lakukan agar tidak salah lagi dalam memilih novel.

Pertama, lihat sinopsis yang ada di bagian belakang novel. Hal ini mungkin sudah sering Anda lakukan bahkan mungkin menjadi rutinitas yang harus dilakukan saat membeli novel. Sinopsis memang sangat penting untuk kita baca karena ini bisa menjadi pengantar yang baik bagi kita saat memilih novel. Dari membaca sinopsis, kita bisa tahu inti atau garis besar isi novel.

Tetapi ternyata, walau saya melakukan ini, tetap saja sering salah membeli novel. Mungkin cara saya yang selanjutnya ini bisa membantu Anda juga.

Kedua, cari novel yang telah terbuka segelnya a.k.a sudah dibaca orang lain, kemudian baca ending ceritanya. Hal ini saya anjurkan karena hal ini ternyata cukup efektif untuk mengatasi masalah saat membeli novel. Saya rasa hanya tidak semua orang akan setuju dengan cara saya yang ini.

Memang cara saya yang kedua ini terbilang aneh. "Mau baca novel kok sudah tahu endingnya, kan nggak seru," itu yang dikatakan sahabat saya saat saya melakukan ini. Tetapi mau bagaimana lagi. Demi kepuasaan membaca, saya rela tahu ending nya terlebih dahulu daripada nantinya kecewa.
Saat Anda membaca ending ceritanya terlebih dahulu, ada poin plus yang bisa kita dapat, yaitu kita sudah tahu apakah ending tersebut cocok dengan yang kita harapkan dan kita juga bisa tahu seberapa besar kualitas novel tersebut.

Namun, cara membaca ending terlebih dahulu tidak bisa kita lakukan setiap saat karena hanya beberapa buku saja yang pastinya terbuka segelnya. Bila tidak ada novel yang sudah terbuka segelnya cara yang satu ini adalah cara terakhir yang Anda lakukan dalam membeli novel.

Ketiga, percaya dan yakin saat membeli novel. Hal ini sangat dibutuhkan saat membeli novel karena di sini adalah poin penting saat kita memutuskan untuk merelakan uang yang kita punya untuk ditukar dengan sebuah novel idaman. Di cara terakhir ini, kita diminta untuk menerima segala konsekuensi membeli novel itu. Contoh, jika segel tidak terbuka pastinya kita tidak tahu isinya bagaimana. Kita hanya tahu isi dari sinopsis di belakang novel. Maka dari itu, kita harus percaya, mau beli atau tidak.Kita juga harus menerima isi novel itu antara baik dan buruk. oleh karena itu, yakinkan hati  sebelum Anda kecewa dalam memilih novel.

Itulah cara-cara yang sering saya lakukan agra tidak kecewa dalam membeli novel. Anda bisa membuktikan sendiri apakah cara yang saya lakukan ini efektif atau tidak.

Selamat berlibur di weekend ini !
Jangan lupa untuk mampir ke toko buku dan membeli novel yang Anda idamkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar